Usaha rental sewa kipas angin air, Misty fan, blower, dan lain sebagainya memang banyak dijumpai di berbagai daerah khususnya kota-kota besar. Tempat penyewaan kipas pun beragam harga dan variasi fasilitasnya. Persaingan bisnis membuat para pengusaha jasa ini berlomba-lomba mencari keunikan, kelebihan dan daya tarik yang berbeda dibandingkan dengan jasa lainnya untuk menarik perhatian calon customer.

Jakarta, Tangerang, Bandung, Bekasi, Bogor, dan lain sebagainya menjadi lokasi yang banyak ditemukan bisnis jasa penyewaan ini. Usaha ini juga terbilang memiliki prospek yang baik karena banyak perusahaan yang terus tumbuh dan berdiri. Dengan kata lain, ketika masih ada usaha yang berdiri, maka bisnis jasa rental ini juga masih bisa bernafas. Mengapa demikian? Sebab perusahaan akan tetap membutuhkan Jasa rental kipas angin dalam beragam kegiatan perusahaan. Baik seminar, talkshow, meeting, gathering, event, dan lain sebagainya.

 

Itulah sebabnya, prospek ke depan usaha rental jenis ini terbilang cukup menjanjikan. Tak ada salahnya bagi masyarakat yang ingin mencoba membuka peluang bisnis dalam jasa ini. Sebab, selain gedung-gedung perkantoran, jasa rental kipas angin biasanya bersanding dengan usaha lainnya seperti jasa sewa menyewa tenda, prasmanan, kursi meja dan peralatan lainnya yang mendukung suatu event. Sehingga, tidak hanya perkantoran yang membutuhkan jasa ini, namun juga perumahan atau individu memerlukannya.

Rental Kipas Angin

Mungkin bagi sebagian masyarakat, bisnis ini terdengar aneh atau bahkan receh. Bagi yang awam, tentu penyewaan kipas angin sebatas menyewakan kipas angin kepada seseorang. Padahal, jenis kipas yang disewakan saja berbeda jenisnya dengan kipas angin pada umumnya yang dimiliki oleh masyarakat di rumah-rumah. Jenis kipas angin yang disewakan menggunakan bahan material yang tidak mudah rusak, ditambah dengan daya tampung selang air yang membantu kinerja dari kipas angin untuk menghasilkan hawa yang sejuk. Kipas angin jenis turbo dengan material stainless biasanya menjadi pilihan. Selain mudah membersihkan, udara yang dihasilkannya kencang dan baik, kipas jenis ini juga tahan lama alias awet karena tidak mudah patah ataupun rusak.

Mungkin bagi sebagian yang baru mendengar namanya saja sudah berasumsi bahwa rental kipas angin yang disewakan sekelas penyewaan dari game PS atau warung internet pada umumnya. Padahal, bisnis ini memerlukan modal yang tidak sedikit, serta link yang lebar dan luas agar bisa bersaing di tengah masyarakat. Kipas angin yang digunakan terbilang tinggi harganya dan bahkan juga memakai standing air conditioner (AC) sebagai salah satu produk yang disewakan. Begitu juga dengan kipas angin jenis Misty fan. Kipas ini banyak diburu khalayak untuk menyejukkan ruangan ketika berlangsungnya event. Kipas jenis ini tentu memiliki harga sewa yang jauh lebih murah dibandingkan standing AC.

Walaupun lebih murah, bukan berarti hasil angin yang dihembuskan tidak maksimal. Dengan bantuan air yang mengaliri selang dan memancar dari baling-baling menghasilkan udara yang sejuk dan adem seperti AC. Tentu saja kipas ini dibantu dengan jenis baling-baling Turbo yang berbahan alumunium baik sehingga angin yang ditiupkan menjadi kencang. Tentu saja berbeda dengan baling-baling berbahan plastik. Angin yang berasal dari bahan alumunium atau stainless jauh lebih kencang dibandingkan dengan angin yang berasal dari bahan plastik terlebih kayu.

Usaha Rental Kipas Angin

Walaupun pelaku usaha rental kipas angin tidak sebanyak usaha lainnya, namun bukan berarti usaha ini sepi peminat. Bahkan, para pebisnis rental kipas angin saling berinovasi dalam memikat pelanggan. Persaingan bisnis biasanya tidak hanya terjadi pada daya saing harga, namun juga pelayanan atau service, kualitas produk, penawaran dalam kerja sama dan lain sebagainya. Iklan pun turut andil dalam daya tarik calon customer. Iklan yang menarik tentu akan memikat customer lebih banyak dibandingkan dengan iklan yang monoton.

Usaha rental kipas angin sangat menjanjikan ketika komponen yang satu dengan lainnya saling melengkapi dengan indah. Misalnya saja dekorasi. Ketika dekorasi yang didesain sangat cantik, dan bernilai elegan, kemudian dipadu padamkan dengan desain tenda yang ciamik, deretan kipas angin yang eksklusif, maka menghasilkan satu kesatuan yang sangat indah dan menarik. Komponen-komponen ini memang tidak bisa menonjol sendiri-sendiri. Bentuk dan desain pun harus dikombinasikan dengan sangat hati-hati. Jangan sampai hasil yang diperoleh terlihat menjadi aneh dan memaksakan saat salah satu komponen tidak sinkron dengan komponen lainnya.

Namun, bukan berarti komponen-komponen tersebut tidak bisa disewakan sendiri-sendiri. Kipas angin bisa disewakan sendiri, tenda dan kursi meja pun demikian. Belum lagi peralatan dan  perlengkapan dekorasi lainnya serta peralatan prasmanan, gubukan dan sebagainya. Semua bisa disewakan secara sendiri-sendiri sesuai dengan kebutuhannya.

Jasa Rental Kipas Angin

Bisnis kipas angin memang bukan bisnis sembarangan. Dibutuhkan konsep yang matang, desain yang menarik, dekorasi yang apik sehingga bisnis jasa ini bisa terus bertahan dan menjadi pilihan masyarakat. Perkembangan fashion serta kemajuan teknologi yang semakin canggih juga turut mempengaruhi bisnis ini. Jangan sampai, desain dan dekorasi yang ditawarkan terlihat kuno dan tidak sesuai dengan perkembangan zaman. Produk yang dimiliki juga tetap harus mengikuti kemajuan teknologi saat itu. Terlebih bila bisnis ini berlokasi di area ibu kota atau kota-kota besar. Sedangkan untuk daerah pedesaan, desain yang dihadirkan masih bisa menyesuaikan dengan perekonomian di wilayah setempat.

Bisnis jasa rental kipas angin tetap bisa dijalankan dimana saja. Tidak hanya di perkotaan namun juga di pedesaan. Bahkan, bahan yang digunakan dipedesaan bisa menggunakan kualitas di bawahnya menyesuaikan dana dari si pengguna jasa. Akan tetapi, dengan menggunakan kualitas bawah bukan berarti desain yang dihadirkan pun berkualitas rendahan. Hal ini tentu akan menjadi tantangan sendiri bagi pebisnis untuk menghasilkan konsep yang menarik dengan budget yang minim.

Bisnis Sewa Kipas Angin Di Pedesaan

Apakah bisnis sewa kipas angin di pedesaan bisa berjalan konsisten? Suatu bisnis mau dijalankan di desa atau kota sama saja hasilnya. Dimanapun tetap membutuhkan konsep yang matang, semangat bisnis yang kuat dan juga membuka peluang dengan baik. Sebab sejatinya rezeki tidak terpaku pada kota atau desa. Bukan berarti di kota jauh lebih menguntungkan daripada di desa. Yang terpenting adalah bagaimana pebisnis membangun usahanya dengan baik untuk menarik calon konsumen sebanyak mungkin.

Lantas, apa yang harus dilakukan untuk bisnis jasa kipas angin yang berlokasi di desa? Tentu saja disesuaikan dengan kondisi di area sekitar. Sebaiknya pebisnis mengetahui daya beli masyarakat terlebih dahulu. Jangan sampai harga yang ditawarkan lebih tinggi dibandingkan dengan daya beli masyarakat. Hal ini tentu saja bisa merugikan pebisnis itu sendiri karena sepi pengunjung.

Pemilihan produk juga harus disesuaikan. Produk tinggi dengan harga selangit bisa saja sulit diterapkan dalam bisnis ini bila berlokasi di sebuah desa yang pendapatan ekonominya berasal dari buruh tani atau perkebunan yang tidak menghasilkan banyak uang sehingga finansial masyarakat sekitar masih di bawah rata-rata.

Saya beli masyarakat seperti ini tidak bisa pebisnis memaksakan diri menawarkan jasa usahanya dengan harga yang menggila. Semua harus disesuaikan dengan kondisi masyarakat sekitar sehingga bisa menyesuaikan bahan dengan kualitas seperti apa yang bisa masuk ke tengah-tengah masyarakat. Langkah seperi ini merupakan langkah cerdas yang dilakukan pebisnis sehingga usaha apaan bisa tetap bertahan dan terus berjalan baik di kota maupun desa.  Pebisnis seperi ini pula akan tetap bisa bertahan dan menjalani bisnisnya dengan baik karena mudah beradaptasi dan membaca situasi lingkungan sekitar.

Call Now Button
Open chat
1
Silahkan Bertanya Harga
Hallo Saya Admin Rizky Nadia Teknik SIlahkan Tanya Terlebih Dahulu Mengenai Harga...
Powered by