Sewa AC Standing 5 PK Dan Cara Mengetahui PK AC Yang Tepat, Sesuai Dengan Ruangan Sekarang ini banyak jenis dan merek AC yang tersedia di pasaran, setiap jenis AC memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, memilih AC kapasitasnya harus sesuai dengan kebutuhan. Misalnya,  layanan jasa sewa AC standing 5 PK, mampu mendinginkan ruangan hingga 84m2.

Sewa AC standing 5 PK merupakan jenis AC yang banyak dicari. Alasannya selain praktis, ringkas juga lebih hemat listrik. Secara umum AC ini memiliki beragam kapasitas, mulai dari 3 PK, 2 Pk, 1 ½ PK, dan lainnya.

Pertanyaannya adalah, apa sebenarnya PK itu? Dan bagaimana cara menentukan PK yang dibutuhkan? Bagi orang awam pertanyaan tersebut tentu membingungkan.

Jangan khawatir, setelah membaca artikel ini Anda tidak akan bingung lagi karena di sini kita akan membahas pengertian PK dan rumus untuk mengetahui penggunaan kapasitas pada AC sesuai dengan ukuran ruangan. Langsung saja pembahasannya berikut ini.

Pengertian PK Pada AC Dan Prinsip Kerja AC

Setiap kemasan produk biasanya terdapat informasi mengenai produk tersebut. Begitupun Air Conditioner (AC) terdapat informasi pada label yang menjelaskan produk AC. PK adalah singkatan dari Paard Kracht. Kapasitas pada AC dinilai dari berapa PK yang terdapat pada AC tersebut. Disebut juga dengan tenaga AC atau horsepower.

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, jika Anda ingin membeli atau sewa AC untuk kebutuhan ruangan maupun event sebaiknya sesuaikan dengan ukuran atau luas ruangan dimana AC tersebut akan ditempatkan.

Hal ini berkaitan dengan daya jangkau AC dan pemakaian listrik. Oleh sebab itu, penting memilih kapasitas atau berapa PK AC yang tepat agar tidak boros listrik. Apabila salah memilih PK AC yang terlalu besar pada ruangan yang tidak terlalu besar bisa menyebabkan pemakaian daya listrik lebih boros.

Sedangkan jika PK yang dipasang terlalu kecil pada ruangan yang terlalu besar maka udara yang keluar tidak dapat menjangkau ke seluruh ruangan atau tidak terasa dingin. Hal ini juga menyebabkan listrik boros karena AC terus menerus menyala dengan daya maksimal.

Untuk menghasilkan udara dingin, perangkat compresor pada AC akan menyala. Pada saat suhu udara di ruangan sudah sesuai seperti yang diinginkan maka compressor secara otomatis akan berhenti. Tapi apabila suhu tidak mencapai karena ukuran ruangan terlalu luas bisa menyebabkan compressor terus menyala. Artinya beban listrik yang dikeluarkan menjadi besar dan boros.

Jika ruangan besar dan diisi oleh banyak pengunjung apalagi digelar siang hari, kami sarankan sewa AC standing 5 PK. Karena mampu mengatasi udara yang terlalu panas akibat sinar matahari dan banyaknya pengunjung yang bisa membuat udara terasa pengap.

Sewa AC Standing 5 PK Dan Cara Mengetahui PK AC Yang Tepat, Sesuai Dengan Ruangan

Sewa AC Standing 5 PK Dan Cara Mengetahui PK AC Yang Tepat, Sesuai Dengan Ruangan

Rumus Menghitung Penggunaan Kapasitas AC

Untuk menentukan berapa PK AC yang tepat, bagus dan hemat adalah dengan menghitung kebutuhan PK yang sesuai dengan ukuran ruangan dimana AC ditempatkan. Semakin luas atau besar ruangan maka membutuhkan PK yang besar dibandingkan dengan ruangan yang tidak terlalu besar.

Untuk mengetahui berapa besar PK AC yang dibutuhkan, caranya bisa menggunakan rumus berikut ini.

  1. Luas ruangan (m2) x 500
  2. Lebar x Panjang x 500

Bangunan-bangunan di Indonesia umumnya memiliki tinggi sekitar 2,50 M – 3 M. Namun perhitungan tersebut tidak untuk bangunan yang ruangannya terdapat banyak orang atau jendelanya sering di buka tutup. Jika faktor-faktor tersebut dimasukkan akan sangat sulit memperhitungkannya.

Cara untuk mengetahui besarnya PK tersebut menghasilkan angka dalam satuan Btu. Nah, nantinya angka ini yang akan dicocokkan dengan kemampuan AC mendinginkan ruangan.

Umumnya orang awam menggunakan PK untuk menentukan AC yang tepat. Berikut ini tabel yang bisa dijadikan gambaran untuk mengonversi besar kecilnya PK AC yang tepat sesuai ruangan.

  • ½ PK untuk ruangan 5.000 Btu – 6.000 Btu
  • ¾ PK untuk ruangan 7.000 Btu – 8.000 Btu
  • 1 PK untuk ruangan 9.000 Btu – 11.000 Btu
  • 1 ½ PK untuk ruangan 12.000 Btu – 17.000 Btu
  • 2 PK untuk ruangan 18.000 Btu – 23.000 Btu
  • 2 ½ PK untuk ruangan 24.000 Btu – 26.000 Btu
  • 3 PK untuk ruangan 27.000 Btu – 44.000 Btu
  • 5 PK untuk ruangan 45.000 Btu

Tapi  ada contoh kasus yang ternyata antara ukuran ruangan dan PK AC-nya tidak sesuai tapi menghasilkan udara dingin.

Contohnya, ukuran ruangan 20 m2 menggunakan AC ¾ PK. Namun ternyata hasilnya AC bisa menghasilkan dingin. Apakah ada yang salah dengan cara menghitungnya?

Perlu kita ketahui bahwa pada dasarnya AC merupakan benda elektronik yang sengaja/khusus didesain untuk mendinginkan dan menyejukkan ruangan. Angka PK pada contoh tersebut merupakan kapasitas AC untuk mendinginkan ruangan dalam waktu kurang lebih sekitar 1 jam.

Jadi, walaupun ruangan dimana AC tersebut disimpan besar dan luas AC tetap dapat mengeluarkan udara dingin, tapi waktu yang dibutuhkan cukup lama dan daya listrik yang dikeluarkan juga besar.

Sebaliknya, jika menggunakan AC 1 PK di ruangan dengan luas 10 m2 maka AC bisa mengeluarkan udara dingin, tapi listrik yang dikeluarkannya juga besar sehingga jadi kurang efisien alias pemborosan. Apabila besar ruangannya 50 m2, maka kami sarankan Anda menggunakan 2x AC 1 ½ PK karena udara yang keluar dari AC bisa menjangkau seluruh ruangan.

Rekomendasi Jasa Sewa AC Standing

Bagi Anda yang sedang mencari jasa layanan sewa AC untuk kebutuhan event, seperti acara pernikahan, arisan, seminar, pengajian, ulang tahun dan event lainnya baik di dalam ruangan (indoor) maupun diluar ruangan (outdoor) kami rekomendasikan salah satu layanan jasa penyewaan AC terpercaya, Rizky Nadia Teknik. Anda bisa dengan mudah melakukan pemesanan melalui nomor kontak 081218501611

Ada beberapa jenis AC yang ditawarkan, antara lain sewa AC standing 5 PK, yang cocok digunakan di dalam ataupun di luar ruangan dengan daya listrik 380 volt/3 phase dan lainnya. Biasanya menggunakan daya listrik sebesar 5000 watt yang bisa diambil dari tiang listrik terdekat atau bisa dari genset.

Selain sewa AC standing 5 PK, juga sudah disediakan genset. Untuk besarnya kapasitas pada genset bisa disesuaikan dengan kebutuhan AC. Meskipun demikian Anda bisa memilih pilihan lain dari berbagai jenis AC.

Anda tidak perlu bingung menghitung rumus untuk mengetahui kapasitas AC yang dibutuhkan, di sini Anda bisa mendapatkan saran kapasitas AC yang dipasang sesuai dengan ukuran ruangan. Tujuan Anda menggunakan AC adalah agar ruangan menjadi dingin dan segar. Oleh sebab itu, pastikan AC yang dipilih tepat dan optimal dengan penggunaan daya listrik yang tidak terlalu besar.

Demikian ulasan mengenai cara mengetahui kapasitas pada AC yang sesuai dengan ruangan dan jasa layanan sewa AC standing 5 PK yang membantu melayani kebutuhan Anda untuk mendapatkan udara segar nan sejuk. Jika Anda ingin berbagi tips atau informasi seputar AC bisa tulis di kolom komentar yang sudah kami sediakan.

Call Now Button
Open chat
1
Silahkan Bertanya Harga
Hallo Saya Admin Rizky Nadia Teknik SIlahkan Tanya Terlebih Dahulu Mengenai Harga...
Powered by